jakarta · nyam nyam · review

Pipiltin Cocoa

Kali ini mau bikin review tentang Pipiltin Cocoa.

Sekitar 2 bulan lalu pernah ada liputan tentang Pipiltin Cocoa ini di salah satu channel lokal, lupa lupa inget antara Berita Satu atau Net.

Menurut wawancara antara si pembawa acara dengan pemilik Pipiltin Cocoa ini konsep yang ditawarkan adalah kedai cokelat dimana semua cokelat yang dibuat berasal dari bijih cokelat yang ditanam di Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Menurut si pemilik, Indonesia ini adalah negara penghasil bijih cokelat terbesar  ketiga di dunia. Indonesia menghasilkan bijih bijih coklat yang berkualitas baik untuk diekspor dan digunakan oleh pembuat cokelat di seluruh dunia.

Bijih cokelat yang baik biasanya memerlukan proses fermentasi yang memakan waktu lama. Sedangkan cokelat yang digunakan untuk konsumsi dalam negeri justru sebagian besar tidak melalui proses fermentasi sehingga secara kualitas kurang bila dibandingkan bijih cokelat kualitas ekspor.

Sayang sekali yaaa….

Oleh karena itu salah satu misi dari Pipiltin Cocoa ini adalah menciptakan cokelat yang berkualitas dengan mengumpulkan bijih cokelat dari seluruh pelosok Indonesia. Nah kereenn kan yaa… *kokberasajadipublicrelationginiyaaaaa… hahahaha….

Tapi emang dasarnya saya suka cokelat yaaa… jadi ya lumayan tertarik pas lihat tayangan tentang kedai cokelat itu😀

Sudah penasaran sih pengen nyobain cuma sesudah lihat tayangan di channel itu, pikirannya masih, “ahh… ntar ntar dulu deh, kalau sempat baru melipir ke sana”.

Ternyata beberapa hari berselang, dapat email dari groupon, ada promo Pipiltin Cocoa ini.

Langsung deh tertarik buat beli, ambil paket yang 2 main course dan 2 dessert. Memang penyuka diskon lah kakaaaakk hahaha😀

Dan minggu ini akhirnya kesampaian juga untuk datang dan cobain menu di Pipiltin Cocoa ini.

Oh iya, lokasinya ada 2, yaitu di Jalan Senopati dan di Barito. Saya pilih yang di Barito.

Tiba di sana, begitu membuka pintu, kami bisa melihat proses pembuatan cokelat di dapurnya karena ruangan tersebut hanya tertutup kaca. Naik ke lantai dua barulah kami melihat display cokelat dan area untuk restonya.

pip1

pip2

Nyobain ke sana bareng sama Suri dan bapake, sekitar jam 2an untuk makan siang.

Menu yang kami pilih untuk main course adalah Tagliatelle Mushroom (60k IDR) dan Oxtail Soup (80k IDR). Untuk dessertnya kami pilih Tabanan Farm Chocolate (65k IDR) dan Best-Ever Tiramisu (55k IDR). Selain itu kami pesan French fries (30k IDR), mineral water dan ice tea.

Dan beginilah penampakan makanannya :

pip7

Untuk rasa, saya suka dengan Tagliatelle (yang menurut saya sih ini semacam Fetucini carbonara yaa hahaha…), pastanya al dente, pas nggak terlalu lembek.

pip6

Kalau untuk sup buntutnya juga enak, tapi sebenernya saya lebih suka clear sup. Sementara sup buntut ini kuah kaldunya berwarna kecoklatan.

pip5

Yang juara menurut saya, Tiramisunya. Rasanya pas, nggak terlalu manis. Karena dipadukan juga dengan es krim rasa kopi. Di permukaan atas dari Tiramisu ini ditaburkan potongan kaviar cokelat. Enyaaakk deh pokoknyaaa….

pip8

Tabanan Farm-Chocolatenya secara penampilan tampak unik, karena disajikan di piring saji yang tidak bulat penuh. Ada potongan cake coklat dan bola coklat yang berisi cream cokleat, dihiasi dengan kaviar cokelat, mouse dan buih cokelat. Enaaakkk juga laahhh hahahaha….

pip9

Kalau Frech friesnya ya buat cemilan Suri, karena sebelumnya sudah makan donat, macaroni schotel  dan ngemil di mobil, makanya pas sampai di Pipiltin sudah kenyang jadi cuma sedikit sedikit aja mau disuapin tagliatelle dan oxtail. Tapi tiramisunya dia suka banget hihihihi….

pip4

pip3

Di counter juga ada macaron, aneka cake cokelat, praline dan choco bar. Tapi karena perut sudah full, jadi sepertinya lain waktu kami akan kembali lagi kesana untuk cobain praline dan macaronnya🙂

So far cukup puas dengan Pipiltin Cocoa ini, dan jadinya pengen nulis review juga ni tentang pabrik cokelat organik  di Bali yang sempat saya datangi di bulan April lalu hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s