cooking time

Perdana jualan…

Hari Minggu kemarin coba coba jiwa wirausaha dengan cobain jualan cupcakes…

Gara garanya memang sudah beberapa kali cobain bikin cupcakes karena gampil.

Gampil itu bikin adonan cupcakenya yaa bukan menghiasnya hahaha…..

Kalau boleh dibilang sebenarnya nekat ya.

Pas beberapa hari yang lalu liat spanduk di perumahan Citragran Cibubur kalau akan dibuka pasar pagi, langsung telpon kontak personnya.

Impulsif banget yaa, padahal waktu itu belum yakin juga formula resep yang mana yang paling pas buat bikin cupcakenya.

Secara pernah bikin dengan beberapa resep yang berbeda, ada yang jadinya bantat, keras banget, terlalu manis atau malah terlalu pahit karena coklat bubuknya kebanyakan.

Kalau bahan bahan sih memang sudah nyimpen di rumah karena tepung, gula, telur, mentega, baking powder, coklat bubuk kan selalu ada di rumah.

Untuk bahan bahan tambahannya macem butter creamnya, nonpareils, fondant baru dibeli dadakan pas abis lihat spanduk itu.

Untuk cetakan cupcake, kertasnya, cetakan fondant sudah punya lumayan lama, karena kalau kebetulan liat cetakan bento atau cetakan fondant yang lucu suka nyicil belinya.

Beli alat dan bahan kuenya juga di beberapa tempat yang berbeda. Misalnya loyang cupcake dan kertas cupcakenya beli di Pasar Tebet Barat, cetakan bento kembang kembang kecil beli di Daisho (udah lama punya tapi belum sempat kepakai), untuk cetakan huruf berikut butter cream dan fondantnya plus kotak cupcake motif beli di toko Loyang Tebet (gegara lihat blognya Darina, Keluarga Kamil nih waktu itu niat ke Loyang ini hehe), untuk nonpareils, pewarna makanan pasta dan kotak cupcake polos belinya di Pasar Mayestik, untuk pewarna makanan lain dan gula gula warna warninya beli di fresh market Kota Wisata.

Mulai Sabtu siang mulai ngubek ngubek dapur bikin adonan trus baking cupcakenya. Trus mulai nyetakin fondant yang motif bunga bunga ama daun dan tulisan.

cupcake plain

Finishing ditunda dulu karena malamnya si bocah minta ditemenin main sampai ngantuk dan emaknya ketiduran jam ½ 11 malam.

Bangun jam 4 pagi dan langsung menghias cupcake pakai fondant dan butter creamnya.

Prosesnya nggak didokumentasikan hikks..

yaaa abisnya nggak ada yang bantuin jadi berasa ribet dan gak keburu kalau pake acara foto fotoin semua hehe..

Jam 7 pagi selesai semua persiapan dan mandi lalu cuss ke perumahan Citragran.

Dapat posisi di parkiran yang posisinya memunggungi jalan masuk ke perumahan. Karena di sana dibagi areanya untuk yang pakai tenda dan pakai mobil.

Karena nggak mau sewa tenda (nahal kuatir gak balik modal hahaha) jadi dapatnya di area khusus untuk jualan dengan mobil.

Jam ½ 8 sampai sudah lumayan ramai. Parkir mobil dan langsung keluarin dagangan dari mobil.

Lapaknya sih sudah bisa dipakai sejak jam 6 pagi, dan di sebelah saya sudah ada beberapa penjual yang siap dengan dagangannya di belakang mobil masing masing.

Pada niat semua, mungkin karena rata rata sudah pernah berjualan di bazar atau pasar pagi. Lah saya masih pemula model nekat pulak hahaha..

pasar pagi Citragran

Yang lain pakai meja, sementara saya cukup menggunakan 2 box plastik Lion Star yang saya jadikan tumpuan menggelar kotak cupcake. Ada juga yang membawa kompor dan tabung gas kecil karena harus goreng menggoreng.

lapak cupcake

Ya pembelajaran buat saya, next time kalau mau jualan lagi, kudu harus beli meja yang bisa dilipat dan bawa printilan lain.

Pelan pelan ada yang mampir melihat cupcake saya, rata rata sih yang membawa anak anak karena tertarik dengan cupcake minion dan burung hantu dari fondant:mrgreen:

cupcake motif

Untuk cupcake yang menggunakan buttercream hanya sedikit yang terjual karena mungkin kurang seru hiasannya, atau mungkin juga karena lokasi yang saya tempati kurang sejuk sehingga akhirnya butter creamnya agak lembek dan bentuknya nggak cantik lagi hiikkss

cupcake mocca & greentea

cupcake white & pink


Pembelajaran lagi nih, jadi kayanya ntar kalau mau jualan cupcake bikin yang pakai fondant aja karena bentuknya dijamin nggak berubah kalau terpapar sinar matahari.

Over all dari 30 buah cupcake yang saya bawa, laku 15 buah yang fondant dan 3 butter cake.
Untuk permulaan lumayan lah yaaa….

Kalau dikurangi biaya sewanya sih sebenarnya untungnya tipis banget tapi ya nggak apa apa lah, namanya juga perdana, sekalian tes pasar.

Apalagi dengan ikut jualan di Pasar Pagi Citragran hari Minggu lalu jadi nambah teman dan pengalaman karena bisa kenalan dan dapat cerita dari para emaks yang buka lapak di samping dan seberang lapak saya. 

Dan sepertinya minggu depan saya akan booking lapak lagi nihh…

Ada yang berminat mau cobain cupcake buatan saya???:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s