cooking time

Pizza

Entah dari mana datangnya ide ini, tiba tiba kepikiran pengen baking lagi.

Dulu bangeet memang kadang suka baking, meskipun lebih sering bantatnya daripada berhasilnya hahaha😀

Mungkin bisa jadi karena bulan puasa ini, kegiatan kantor nggak sepadat 2 bulan terakhir, jadi pikiran less ruwet dan akhirnya terpikir untuk buka buka lagi buku buku resep lama.

Kalau bikin pizza sih, jaman dulu bangeett sudah pernah beberapa kali.

Dulu punya resep kulitnya yang macem macem, mulai yang pake telur jadi rotinya agak ngembang sampai yang simpel banget yang rotinya kering krenyes krenyes gitu.

Cuma yaa waktu ngubek ubek lemari, nggak ketemu buku resepnya.

Jadilah pakai resep kulit pizza yang kebetulan saya kliping dari majalah Femina (udah nggak ketauan edisi berapa, karena sudah lama banget, halaman resepnya digunting trus dimasukin clear folder gituh)

Resepnya sedikit saya modifikasi dengan menambahkan tepung, karena ternyata setelah adonannya jadi, kok agak lembek ya, susah dibentuk. So hasil modifikasi resepnya jadi begini lah :

Bahan :

300 gram tepung terigu

 1 sendok teh garam

2 sendok teh gula pasir

175 ml air hangat

30 ml minyak zaitun

1/2 bungkus ragi fermipan

 

Saus tomat :

3 buah tomat merah

1 siung bawang putih cincang

1 sdm bawang bombay cincang

garam, gula, merica secukupnya

1 sdt oregano

75 gram daging cincang

minyak zaitun

 

Topping :

daging asap

paprika

bawang bombay

jamur (lebih bagus campignon segar, tapi karena kemarin nggak nemu di lootemart jadinya pakai jamur shitake)

keju (lebih bagus kalau mozarela, tapi karena kemarin adanya di rumah cuma kraft biasa jadi yaaa sudahlah🙂 )

 

Cara pembuatan :

1. Aduk gula pasir dengan air hangat, tiriskan.

2. ayak tepung terigu. Tambahkan ragi dan garam. Aduk rata. Masukkan minyak zaitun

3. Tambahkan air hangat sedikit sedikit ke dalam campuran tepung, uleni hingga tidak lengket di tangan.  setelah adonan rata, diamkan dan tutup dengan kain basah selama 30 menit.

4. buat saus tomat : panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay, bawang putih hingga wangi. Masukkan daging cincang. Setelah daging matang tambahkan tomat yang telah diblender bersama dengan oregano, gula, garam, merica. Masak hingga mengental.

5. Setelah 30 menit, bagi adonan roti jadi 3 atau 4 (tergantung maunya roti tebal atau agak tipis).  Buat adonan bulat di atas loyang.

6. Oleskan saus tomat di atas adonan roti. susun toping di atasnya, taburi keju. Panggang di dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya, kurang lebih 30 menit hingga matang

Daaaannn….

Beginilah penampakan pizza abal abal ala nyonyah Prahasto :

 

Penampakan kurang menyakinkan tapi Suri suka dan kata ayah enak tuuuhh hehehe😀

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s