cooking time · office event

Potluck at the Office

Siang ini ada acara Potluck Luncheon di kantor dan yang kebagian tugas untuk bawa makanannya adalah dari divisi tempat saya bernaung. Temanya Indonesian Food. Rencananya sih mau pakai dresscode merah kalau sepakbola Indonesia bisa menang lawan Malaysia di final sepakbola Seagames. Tapi karena semalem Indonesia kalah, pagi tadi dapat bbm dari teman satu divisi kalau dresscode merahnya dibatalin hikss..😦

Ya sutralah, yang penting tema Indonesian foodnya tetap doooong.. Udah rempong masak semaleman ini hehehe😀 Rada nggak konsen juga masaknya semalem, soalnya sebentar sebentar dari dapur lari lari ke depan tivi, ngecek skornya Indo lawan Malay hehehe😛 Mana badan lagi agak nggak fit, karena virus flu lagi merajalela di rumah. Ayah sudah tumbang dan menjalar ke saya juga, bahkan Suri juga udah mulai mbeler tapi masih putih ingusnya. Semoga segera pergi deh si virus ini.

Untuk Potluck di kantor ini, saya masak pepes udang dan sate lilit. Resep pepes udangnya nyontek punya ibu mertua, dan saya pilih ini karena kalau ada menu pepes yang satu ini di meja makan, pasti cepet ludesnya deh. Udang maahh,  mau dimasak apa aja, kayaknya memang selalu enak  ya hehehe😀 Terus untuk sate lilitnya, nyontek resepnya di salah satu tabloid wanita dengan sedikit modifikasi.

Ternyata teman teman lain juga nggak kalah kreatif. Ada yang bawa ikan bakar, gado gado, rawon, sayur asem, ayam goreng, rujak buah, kering tempe, bakmi goreng, tempe mendoan, kue kue tradisional termasuk bubur sumsum dalam kendil🙂

Dan ini penampakan makanannya

 

 

 Nah yang ditengah itu, si Sate Lilit dan Pepes Udang itu tuh bikinan saya😀

 

 

 Alhamdulillah, habis ludes dan banyak yang suka. Pssttt … si ibu bos minta bikin lagi kalau next time ada acara hehehehe….

 

 

Saya share disini aja deh resepnya :

SATE LILIT

350 gr daging ayam cincang

4 sdm kelapa muda parut

1 butir telur

3 sdm tepung maizena

5 lembar daun jeruk cincang

25 batang serai (pilih yang tebal, supaya nggak lembek kalau dibakar)

Sedikit minyak goreng untuk olesan

Bumbu halus : (saya blender ajah, soalnya lagi males ngulek hehehe)

       8 bawang merah

       3 bawang putih

       2 buah cabe merah besar

–      1  sdm terasi

       1,5 cm kencur

       1,5 cm jahe

       1,5 cm lengkuas

       1 sdt ketumbar bubuk

       1 sdt jinten

       1 sdt merica

       Garam, gula secukupnya

Cara :

1.    Haluskan bumbu. Campurkan jadi satu dengan semua bahan

2.    Ambil satu sendok makan adonan, tempelkan di ujung batang serai, bentuk menyerupai lilitan. Olesi sedikit minyak goreng.

3.    Bakar hingga matang

 

PEPES UDANG

1 kg udang, kupas kulit dan kepala, bersihkan kotoran punggungnya

10 buah cabe merah besar

3 cm kencur

5 siung bawang putih

8 butir kemiri

4 sdm air asam

Garam dan gula secukupnya

Daun pisang untuk membungkus

Tusuk gigi atau lidi

Cara :

1.    Haluskan semua bumbu

2.    Campur jadi satu bumbu dengan udang kupas

3.    Bungkus dengan daun pisang dan sematkan (eh bener gak sih bahasanya?) ujungnya dengan tusuk gigi atau lidi

4.    Kukus hingga matang. Bila akan dihidangkan bisa dibakar sebentar untuk menambah aroma.

 (untuk ± 20 bungkus pepes)

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s