cooking time · cuap cuap · parenting · Suri

Suri dan makanannya

Postingan kali ini mau membahas tentang selera makannya Suri. So far so good sih. Nggak yang banyak banget atau sangat lahap, tapi setiap disiapin makanan dalam 1 mangkok makannya dan disuapin hampir selalu dihabiskan. Jarang nggak habis. Kalaupun misalnya nggak habis atau disembur sembur, kadang karena bosen menunya kok sama kaya hari kemarin, emaknya lagi gak punya ide mau masak apa lagi hahahaha….

Kayaknya pikiran “masak apa lagi neh buat si kecil???” adalah hal klasik yang pasti muncul di tiap kepala emak emak, salah satunya saya juga. Untungnya sih jaman sudah maju, buku buku resep masakan bayi dan balita banyak bertebaran di Gramedia, tinggal diadopsi aja😀

Contoh buku resep masakan bayi yang paling saya suka adalah yang ini.

Seri Buku resep masakan AyahBunda ini saya beli di Gramedia, masing masing dengan harga 35 ribu rupiah, dan isinya banyak loh. Lumayan membantu kalau otak lagi mampet, gak punya ide mau masak apa lagi buat si bocil.

Selain dari buku resep, saya juga kadang nyontek resep dari majalah parenting macam Parents Indonesia (langganan tiap bulan) atau AyahBunda, Parents Guide dan lain lain yang belinya ngecer nggak tentu, beli kalau isinya menarik minat aja. Memang sih nggak di setiap edisi majalah parenting ini ada resep masakan buat bayi atau balita, tapi kadang kadang suka ada masukan ide dari sini.

Apalagi di internet sekarang banyak bertebaran situs situs yang bisa membantu memberikan masukan ide tentang menu dan cara mengolah  masakan home made. Saya banyak belajar dari situs situs populer macam www.wholesomebabyfood.com, www.theurbanmama.com, , milis sehat,  mpasirumahan.blogspot.com dan blog walking ke halamannya emak2 keren nan pinter masak di dunia maya😀

Sejak Suri mulai makan solid food pertamanya di usia 6 bulan, hingga hari ini, selalu makan masakan buatan saya. Ya kadang kadang sih kalau ikut makan di luar bareng ayah bundanya, ikut juga icip2 makanan resto, misal pancake, es krim atau cemilan2 kecil lainnya tapi jumlahnya juga nggak banyak.

Secapek capeknya saya pulang kerja, diusahakan buat masak makanannya Suri malam hari untuk dimakan besoknya. Sesudah matang biasanya masukin wadah lock & lock dan masuk frezer, jadi si mbak besoknya tinggal ngangetin sama bikin nasi lembek pakai slowcooker (Suri belum terlalu bisa makan nasi yang teksturnya agak keras seperti menu orang dewasa). Slowcooker merk Takahi ini saya dapat hadiah dari dik Meirda, memang waktu habis lahiran dan ditanya mau kado apa buat Suri, saya sengaja request minta ini.

Slowcooker ini beneran sangat membantu buat emak emak macem saya, yang nggak telaten kalo disuruh masak bubur atau nasi lembek manual di depan kompor. Males nungguinnya ya bok, klo pake slowcooker kan tinggal cemplang cemplung trus colokin, tinggal aja sampai mateng sambil kita bisa ngerjain hal yang lain.

Kadang kalau sempat,pagi baru saya masak buat makanan Suri hari itu, tapi itu jarang banget, secara saya paling susyaahh disuruh bangun pagi hahaha…

Kenapa sih rempong amat masak sendiri?

Karena dengan masak sendiri saya bisa tahu bahan masakan apa yang masuk ke dalam perut anak saya. Dan pastinya saya akan memilih bahan makanan yang kualitasnya baik, tanpa penyedap rasa. Tidak selalu organik, seadanya aja di supermarket atau tukang sayur, yang penting segar.

Repot?

Sudah pasti!

Tapi kerepotan itu terbayar kalau melihat Suri suka dengan masakan yang saya buat. Hampir nggak pernah menolak makanan apapun yang saya berikan. Sayur, buah, telur, daging, ayam, segala jenis ikan  dan udang semuanya doyan dan tidak alergi. Satu satunya bahan makanan yang saya tahu bikin Suri gatal gatal adalah kembang kol (padahal brokoli nggak apa apa tuh).

Efek dari ‘pemakan segala’ ini jadinya Suri jarang sakit juga. Sejak lahir hingga saat ini usianya 13 bulan, baru 3 kali sakit. Pertama umur 5,5 bulan, pilek dan sumeng dua hari karena ketularan saya, yang kena flu sesudah kehujanan. Umur 6 bulan batuk 3 hari karena ketularan ayahnya. Dan umur 10 bulan sempat pilek dua hari plus muntah karena ketularan eyang utinya yang lagi flu. Alhamdulillah sakitnya nggak berat dan Suri belum pernah terpapar antibiotik hingga detik ini.

Sekarang giginya ada 4 dan Ahamdulillah semuanya nongol tanpa rewel dan demam (komat kamit berdoa semuga besok besok yang lainnya juga begitu munculnya :-p )

Mulai bertekad untuk masak sendiri buat anak, sejak kehamilan usia 5 bulan. Waktu itu saya dapat hadiah dari kuis di milis majalah Femina, berupa demo masak bareng Farah Quinn di salah satu resto di Grand Indonesia. Gara garanya pas ikutan acara itu, si mbak Farah yang aduhai cekcinya itu, mengajak serta anaknya, Arman yang imut dan gemesin itu.

Di sela sela memperagakan cara bikin Tortilla Chips with guacamole & tomato salsa sauce, dia cerita kalau si Arman ini suka banget makan buah dan sayur, jarang makan yang manis manis  (Arman bilang kalau kiwi itu rasa candy..glukkkk…) dan gak suka jajan. Dan dia memberikan tips buat ibu2 yang bertanya tentang gimana sih caranya supaya anak doyan makan sayur.

Si mbak Farah bilang kalau sejak hamil mengusahakan untuk memperbanyak makan buah dan sayur, dan begitu anaknya mulai makan langsung dikenalkan dengan bahan makanan alami, sehingga rasa masakan yang pertama kali dikenal oleh lidah anak adalah rasa asli bahan makanan tersebut. Dan ada juga beberapa tips lainnya yang akhirnya bikin saya ‘keracunan’ punya tekad untuk ngasih makanan sehat untuk anak saya.

Saya bukan orang yang pinter masak, cuma suka. Masakan saya juga nggak selalu enak. Kalau saya pinter masak sudah pasti saya nggak akan kerja jadi mbak2 kantoran, tapi buka restoran atau catering hahahaha😀

Ini ada sedikit resep masakan yang jadi favoritnya Suri, hasil utak utik saya di dapur mungil keluarga kami.

Soto Ayam Jamur

Bahan:

75 gram daging ayam cincang

50 gram jamur tiram cincang kasar

2 lembar daun jeruk

1 batang serai memarkan

1 sdm minyak zaitun

2 gelas air kaldu ayam

Bumbu halus :

1 siung bawang putih

2 buah bawang merah

Seujung kuku jahe

Seujung kuku kunyit bakar

1 buah kemiri

Sejumput garam, gula, merica bubuk

Cara :

  • Haluskan bumbu, tumis dengan minyak zaitun hingga wangi, tambahkan daun jeruk dan serai.
  • Masukkan air kaldu ayam dan daging ayam cincang. Panaskan hingga mendidih, masukkan cincangan jamur tiram. Masak hingga matang. Bisa ditaburi dengan bawang putih goreng bila suka.

(untuk 3-4x makan, bisa disajikan dengan nasi tim atau puree kentang)

Rawon

Bahan :

75 gram daging sapi cincang

½ buah labu siam, cincang kasar

1 batang serai memarkan

2 lembar daun jeruk

1 sdm minyak zaitun untuk menumis

2 gelas air

Bumbu halus :

1 siung bawang putih

2 buah bawang merah

1 buah kluwek, ambil isinya

Sejumput garam, gula, merica

Cara :

  • Haluskan bumbu, tumis dengan minyak zaitun, tambahkan daun jeruk dan serai. Tumis hingga harum.
  • Masukkan daging cincang, tambahkan air dan masak hingga mendidih. Masukkan potongan labu siam. Masak hingga matang.

(untuk 3x makan)

Sup Krim Jagung Brokoli

Bahan :

2 buah jagung manis, serut

150 cc susu UHT plain

75 gram daging ayam cincang

1 ½ gelas air kaldu ayam

5 kuntum brokoli, kukus, cincang kasar

1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air

1 siung bawang putih, cincang

1 sdm bawang bombay cincang

Sejumput garam, gula, merica

1 sdm butter unsalted

Cara :

  1. Blender jagung yang sudah diserut dengan sedikit air. Saring, sisihkan.
  2. Panaskan butter di dalam panci teflon. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang dan garam, gula serta merica.
  3. Sesudah ayam matang masukkan jagung yang sudah disaring, bersama dengan air kaldu ayam dan susu UHT. Panaskan, tambahkan larutan tepung maizena. Sesudah matang masukkan brokoli cincang. Sajikan hangat.

(untuk 3-4 porsi)

Sup Ikan

Bahan :

75 gram fillet ikan gurami / patin / belut, potong kecil kecil (tergantung selera)

1 batang daun bawang potong2 sepanjang 2 cm

2 buah tomat hijau belah dua

1,5 cm kunyit bakar, memarkan

2 buah bawang merah, bakar,iris tipis

1 siung bawang putih, bakar, iris tipis

2 gelas air kaldu ikan (bisa didapat dari tulang ikan gurami/ salmon yang direbus lalu disaring)

1 sdm minyak zaitun untuk menumis

Sejumput garam, gula, merica

Cara :

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, kunyit dan daun bawang hingga harum. Masukkan potongan ikan. tambahkan kaldu ikan dan garam, gula serta merica.
  2. Sesaat sebelum mendidih, masukkan potongan tomat. Bisa ditambahkan daun kemangi bila suka.
  3. Sajikan hangat. Untuk 3-4 porsi.

(Kadang kadang saya tambahkan juga cincangan wortel kukus atau buncis kukus ke dalam sup ikan ini, supaya makannya nggak cuma protein aja, tapi ada tambahan sayurnya juga😀 )

Baked Potato with mushroom & zuchinni

Bahan :

2 buah kentang granola, kukus, hancurkan

30 gram jamur campignon, cincang

1/3 buah zuchinni, cincang

50 gram daging ayam cincang

1 butir telur

50 cc susu UHT plain

30 gram keju parut

2 cm butter unsalted untuk menumis

1 ½ sdm bawang Bombay cincang

1 siung bawang putih cincang

Sedikit garam, gula, merica

2 sdm tepung terigu

30 gram keju parut

Cara :

  1. Panaskan butter. Tumis bawang putih dan bawang Bombay. Masukkan tepung terigu. Tambahkan garam, gula, merica. Panaskan hingga tepung terigu agak kecoklatan. Masukkan susu UHT. Panaskan sebentar. Setelah dingin, masukkan telur sambil diaduk.
  2. Campurkan kentang kukus yg sdh dihaluskan dengan jamur, zuchinni, daging ayam dan ½ bagian keju parut. Masukkan adonan no 1 ke dalamnya. Aduk rata.
  3. Masukkan adonan tersebut ke dalam pinggan tahan panas. Atau bisa juga masukkan ke dalam cup kertas kecil2. Taburkan sisa keju diatasnya. Panggang hingga matang.

Selamat makan, bon appetit😀

Suri umur 6 bulan, makan bubur kacang ijo diblender halus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s